Home » » Mengenal Mesin EKG

Mengenal Mesin EKG

Mesin EKG
Menurut banyaknya saluran pencatat, mesin EKG dapat dibagi single, triple, atau multiple channel. Mesin EKG yang lebih modern dilengkapi dengan sistem komputer yang memungkinkan semua lead dapat sekaligus direkam berupa EKG. Ada mesin EKG yang dilengkapi dengan monitor, misalnya digunakan di dalam Coronary Care Unit, kamar operasi atau kamar tes pembebanan jantung.
Halter monitoring dan telemetry merupakan mesin EKG kecil yang dipakai untuk mengamati aktivitas jantung dalam waktu tertentu. Mesin ini digantung pada tubuh penderita dan aktivitas bioelektrik jantung direkam ke dalam monitor yang kemudian hasilnya dianalisis oleh komputer.


FUNGSI
Untuk mengetahui aktifitas potensial listrik pada jantung

Prinsip Dasar
Electrocardiagraph atau ECG adalah salah satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mendeteksi sinyal potensial listrik pada jantung manusia. Suatu biolistrik yang berasal dari jantung, akan diumpankan ke lead selector yang berfungsi untuk memilih atau menentukan lead yang akan diukur. Setelah memilih lead sinyal akan dikuatkan dan akan di ukur pada pre amplifier berkali-kali sehingga bias menggerakkan galvanometer yang di kopel dengan sebuah stylus. Stylus merupakan hasil outputan akhir.
Jumlah Lead ECG disesuaikan dengan merk ECG yang dipakai. Untuk pembacaan dan filter yang digunakan, serta jenis pemeriksaan merupakan kewenangan dokter. ECG itu tdk pernah refill tinta cartridge karena ECG memakai head stylus yang sudah dikontrol oleh mikroprosesor untuk menghasilkan grafik dan tulisan pada ECG thermal paper tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...