Home » » PRESUS MUNTAH DARAH

PRESUS MUNTAH DARAH

Sejak 4 jam SMRS penderita mengeluh muntah darah, sebanyak 6 kali ½-1 gelas belimbing, muntah berupa darah segar, menyemprot berwarna merah kehitaman, muntahdisertai dengan perut mual dan panas pada seluruh lapang perut. Penderita juga mengeluh bab warna hitam seperti petis, konsistensi, lembek, lengket dan berbau amis, seharibab kurang lebih dua kali 1/4-1/2 gelas belimbing, BAK warna seperti teh, sehari 4-5 kali  1gelas belimbing, nyeri saat BAK (-), BAK berpasir (-), BAK seperti air cuciandaging (-).  Keluhan mata kuning (-). Penderita juga mengeluh lemas,  tenaga berkurang ,mudah capek lemas terus menerus, tidak berkurang dengan pemberian makan bertambahbila beraktivitas.  Nggliyer (+) terutama bila berpindah posisi dari duduk ke berdiri,berkunang-kunang (+) , telinga berdenging (-), sulit menelan (-), berdebar-debar (-).Sesak nafas (-), mimisan (-), gusi berdarah (-), bintik-bintik pada kulit (-).
Dua hari SMRS penderita mengeluh perut terasa sebah di sebelah kanan dan mbeseseg,keluhan bertambah bila diberi makan sehingga  nafsu makan penderita menurun, seharihanya bisa makan 1-2 kali 2-3 sendok nasi.Satu bulan SMRS penerita mengeluh lemas,  tenaga berkurang , mudah capek lemas terusmenerus,  tidak  berkurang  dengan  pemberian  makan  bertambah  bila  beraktivitas.Nggliyer (+) terutama bila berpindah posisi dari duduk ke berdiri, berkunang-kunang(+) , telinga berdenging (-), sulit menelan (-), berdebar-debar (-).
Pada saat itu penderita mondok di RSDM, diberi transfusi 4 kantong, kemudian penderitaberobat jalan ke poliklinik RSDM.Sejak  3 tahun SMRS penderita sudah pernah mengeluh muntah darah, sudah dilakukanteropong pada saluran makan dan dikatakan ada varises di saluran cernanya, setelah itupenderita rutin kontrol di poliklinik RSDM. Setiap kali timbul keluhan muntah darah,penderita dirawat di RSDM

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...