Home » » Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

Daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainyayang ditempatkan pada bagian akhir suatu karya tulis atau buku dan disusunberdasarkan abjad.
Metode Harvard
Perhatikan daftar pustaka berikut!

DAFTAR PUSTAKA

Fraenkel, Jack R. dan Norman E.Wallen. 1993. How to Design and Evalute Researche in Education. New York: Mc Graw-Hill Inc.
Furqon. 2000. Metodologi Penelitian Masyarakat. Kurnia Jakarta-Universitas Terbuka.
Namawi, H. Hadori. 1993. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pusat Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.


Penulisan Daftar Pustaka
Dari contoh di atas, tampak bahwa cuplikan wacana di atas mengacu padapendapat yang diambil dari buku How to Design and Evalute Researche in Educationkarangan Jack R. Fraenkel dan Norman E. Wallen yang diterbitkan di New York olehMc Graw-Hill Inc., pada tahun 1993. ada pula yang diambil dari buku berjudul
Metodologi Penelitian Masyarakat yang ditulis oleh Furqon pada tahun 2000.
Berdasarkan daftar pustaka di atas, dapat diketahui tata cara menulis rujukan.Tata cara itu berkaitan dengan penulisan nama pengarang, judul buku atau artikel,nama penerbit, tahun terbit, edisi buku, dan kota penerbit.
Pada contoh daftar pustaka di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Nama penulis yang terdiri atas dua kara, ditulis terbalik. Di antara dua kata itu disisipi tanda koma (,). Misalnya, Fraenkel, Jack R., Namawi, H. Hadori.
2. Buku yang ditulis oleh dua penulis, hanya penulis pertama saja yangpenulisannya dibalik, sedangkan penulis kedua tidak dibalik. Misalnya, Fraenkel,Jack R. dan Norman E. Wallen.
3. Tahun penerbitan buku ditulis sesudah nama penulis. Di antara nama penulis dan tahun penerbitan buku disisipi tanda titik (.).
4. Judul buku ditulis setelah tahun terbit dan ditulis paling akhir. Di antara tahun terbit dan judul buku didahului tanda titik (.).
5. Nama kota penerbit dan nama penerbit ditulis paling akhir. Di antara namakota dan nama penerbit disisipi tanda titik dua (:). Misalnya, Yogyakarta: GadjahMada University Press.
6. Jika buku telah diterbitkan dalam beberapa edisi, keterangan tentang edisibuku diletakkan sebelum nama kota. Misalnya, Lyons, John. 1979.Sem atics. Vol.I. London: Cambridge University Press.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...